Spiga

Joaquín Sánchez Rodríguez

Joaquín, yang bernama lengkap Joaquín Sánchez Rodríguez, (lahir 21 Juli 1981 di El Puerto de Santa María, Cádiz) adalah seorang pemain sepak bola asal Spanyol. Posisinya adalah sayap kanan. Sejak musim 2006/07 ia memperkuat Valencia CF. Sebelumnya ia bermain di Real Betis (1999-2006). Tinggi badannya adalah 179 cm.

Lahir di Cadiz dan kemudian sejak remaja menetap di Sevilla, ia mulai memperkuat tim junior Real Betis pada usia 13 tahun memang membuat Joaquin tak pernah ke mana-mana alias betah dengan atmosfer Spanyol. Sejak kecil ia menyukai adu banteng dan kalau saja tak diperkenalkan dengan sepak bola oleh mendiang pamannya, Joaqui "El Chino", ada kemungkinan Joaquin akan melakoni profesi sebagai matador.


[sunting] Pernikahan

Joaquin menikahi Susana Saborido pada 8 Juli 2005, upacara dan pestanya sangat heboh. Pemberkatan nikah dilakukan di Gereja Mayor Prioral di kota kelahirannya, El Puerto de Santa Maria, dengan undangan lebih dari 1.000 orang. Semua rekan dekatnya hadir, termasuk anggota timnas Spanyol, seluruh tim dan ofisial Betis, serta mantan presiden klub, Manuel Ruiz de Lopera. Ada pula para matador beken seperti Curro Romero, Morante de la Puebla, Jesuli Torrescera, dan Juan Pedro Galan. Kemudian penyanyi Jose Manuel 'El Mani' dan Wali Kota Hernan Diaz Cortes. Tapi, tamu yang paling jadi pusat perhatian tentu saja Copa del Rey. Trofi tersebut sengaja ditaruh di sana untuk menepati janji De Lopera menyusul pertunangan Joaquin. Di luar kompleks gereja, polisi memperkirakan 2.000-an orang berkumpul untuk mengucapkan selamat.

[sunting] Fakta-fakta Joaquin

* Ia berbulan madu di Mallorca, salah satu daerah wisata utama di Spanyol.
* Menurut Presiden Real Betis, Jose Leon, Joaquin memiliki buy-out clause (persyaratan yang harus dilunasi oleh klub pembeli) senilai 60 juta euro.
* Saat masih remaja, Joaquin mengidolai Michael Laudrup (bintang Denmark), matador terkenal Curro Torres, serta legenda flamenco, Camaron de la Isla.
* Selama musim 2004/2005, Joaquin tak pernah absen dalam partai La Liga bersama Real Betis.
* Kostum bernomor punggung 17 menjadi milik abadi Joaquin sepanjang kariernya bersama Betis (1999-2006). Ia juga mengenakan nomor yang sama di timnas, termasuk saat tampil di Piala Dunia 2006.
* Pemain yang paling ia kagumi adalah Luis Figo. Joaquin mengaku memiliki beberapa kaus dari mantan Pemain Terbaik Dunia itu.

[sunting] Profil

* Lahir: El Puerto de Santa Maria, Cadiz, 21 Juni 1981
* Postur: 179 cm/75 kg
* Kebangsaan: Spanyol
* Ayah: Aurelio Sanchez Aldono
* Ibu: Ana Rodriguez
* Kakak/Adik: Capi, Isabel, Amalia, Lucas, Ana, Mario Jose, Ricardo
* Paman: Joaqui "El Chino" (meninggal 21 Februari 2000)
* Posisi: Sayap Kanan
* Penampilan Timnas: 41 ( 1 gol)
* Klub: Valencia

0 komentar: